Apa itu Geotekstil Kelas 1, Geotextile Kelas 2, dan Geotextile Kelas 3 ?

Secara umum geotekstil dapat dibagi menjadi 2 jenis, yaitu non woven geotekstil dan woven geotekstil, namun dari kedua jenis tersebut memiliki spesifikasi teknis masing-masing sehingga perlu ada standard klasifikasi untuk memudahkan dalam menentukan jenis material geotextile yang akan di gunakan.

Dalam hal ini Departemen Pekerjaan Umum telah membuat pedoman mengenai perencanaan dan pelaksanaan perkuatan tanah dengan geosintetik. Namun pada artikel kali ini kami hanya akan membahas standard klasifikasi kelas dari material geotextile berdasarkan yang telah ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum.

Standard Klasifikasi Kelas Geotextile

Geotextile dibagi dalam 4 kelas, yaitu kelas 1+, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 berdasarkan tujuan dari perencanaan perkuatan jalan. Namun untuk kelas 1+ ini sampai saat ini belum terdefinisikan dengan jelas sehingga jika digunakan harus disyaratkan oleh Pembeli.

Berikut ini adalah syarat derajat daya bertahan yang terdapat dalam table 1

Table 1,  Syarat Derajat Daya Bertahan (Survivability), AASHTO M 288-06

Bagaimana Menentukan Kelas dari Material Geotextile ?

Saat ini banyak beredar informasi mengenai standard klasifikasi kelas geotextile yang menurut kami kurang tepat, karena standard yang menjadi acuan adalah berdasarkan dari gramasi geotextile baik itu yang non woven maupun woven, sedangkan jika kita mengambil acuan dari dokumen pedoman yang telah dikeluarkan oleh Departemen PU maka acuannya adalah berdasarkan Kekuatan yang dapat ditahan oleh geotextile tersebut.

Untuk standard klasifikasi kelas dari Geotextile, dapat dilihat pada table 2.

Table 2, Persyaratan Kekuatan Geotekstil (AASHTO M 288-06)

Keterangan :

Kami selaku distributor geotextile telah memastikan bahwa produk kami sesuai dengan klasifikasi kelas yang telah ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum. Untuk informasi lengkap mengenai spesifikasi dan kelas Geotextile Woven dan Non Woven Geotextile silahkan hubungi kami.

Ingin Konsultasi Seputar Geosintetik ?

silahkan hubungi kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765

Ingin Konsultasi Seputar Geosintetik ?

silahkan hubungi kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765

Anda dapat membaca selengkapnya mengenai Kelas Geotextile di Pedoman Perencanaan dan Perkuatan Tanah menggunakan material geosintetik disini

Baca Post Kami Lainnya

Dokumentasi Pemasangan Geocell Untuk Slope Protection

Dokumentasi Pemasangan Geocell Untuk Slope Protection

Dokumentasi Pemasangan Geocell Untuk Slope ProtectionSalah satu metode slope protection adalah menggunakan geocell, yaotu material geosintetik yang terbuat dari bahan HDPE dan campuran polimer lainnya. Material ini berupa jaring 3 dimensi yang bentuknya seperti sarang...

Dokumentasi Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD).

Dokumentasi Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD).

Dokumentasi Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD)Salah satu metode untuk mengatasi masalah tanah lunak adalah dengan menggunakan teknik prakompresi. Prakompresi adalah suatu proses pemampatan tanah pondasi dengan jalan pemberian pembebanan sementara...

Let's Work Together!

Silahkan Hubungi Team Kami agar dapat menentukan material yang tepat untuk proyek anda dan dapatkan harga terbaik dari kami. 

Location

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Mobile : 08111116066

Fax : (62-21) 8463504

Email : office@pandu-equator.com

Dapatkan Info Lebih Lengkap Mengenai Geotekstil