Faktor Penting Dalam Pemilihan Tipe Geotekstil Sebagai Filtrasi dan Drainase

1. Pendahuluan

Fungsi penyaringan atau filtrasi dari geotekstil terjadi bila aliran melintasi penampangnya, sedangkan fungsi drainase terjadi bila dalam geotekstil terjadi aliran searah bidang lembarannya.

2. Fungsi Filtrasi

Geotekstil dapat berfungsi sebagai filter yang memeberikan kemungkinan adanya gerakan cairan yang melewatinya, yaitu aliran tegak lurus arah bidang lembarannya. Pada saat yang sama, geotekstil juga harus bisa menahan tanah agar butiran tanah tidak ikut bersama aliran. Oleh karena itu, dua faktor penting harus disediakan oleh geotekstil secara simultan, yaitu :

  • Permeabilitas harus cukup besar (membutuhkan ukuran lubang bukaan pori-pori geotekstil). Jadi, geotekstil sebagai filter harus memberikan keleluasaan air mengalir melewatinya sampai akhir umur rencana konstruksi.
  • Kemampuan geotekstil dalam menahan butiran tanah, agar tanah tidak ikut dalam aliran (membutuhkan susunan benang-benang yang rapat) dan mencegah migrasi butiran tanah melewati geotekstil. Jika beberapa butiran harus melewati geotekstil, maka butiran tidak boleh menyumbat material selama umur konstruksi.

Distribusi ukuran butiran tanah yang akan disaring harus disesuaikan dengan distribusi ukuran lubang bukaan pori-pori geotekstil. Dalam hal ini maka paling cocok menggunakan Non Woven Geotextile karena bentuknya yang seperti karpet memiliki pori yang sangat kecil sehingga mampu menyaring / memfilter untuk berbagai jenis tanah dengan sebaran ukuran butiran yang luas.

Aliran melewati geotekstil ketika diletakkan dalam tanah biasanya laminer, namun dapat menjadi turbulen bila dipengaruhi oleh gelombang. Permeabilitas geotekstiil dapat diukur di laboratorium, dengan membuat gradien hidrolik yang rendah agar alirannya laminer.

Permeabilitas arah melintang geotekstil umumnya mencukupi untuk drainase dalam tanah yang baik. Pengecualiannya, adalah jika geotekstil digunakan di bawah struktur pengendalian erosi. Dalam kasus ini, blok-blok material mungkin menutupi geotekstil, dan jika terhamburnya tekanan air pori dengan cepat dibutuhkan, kegagalan (dapat berupa sobeknya permukaan) dapat terjadi.

Nilai permeabilitas geotekstil tidak mutlak, karena tebal geotekstil dapat berubah oleh adanya beban. Karena itu, permeabilitas geotekstil dinyatakan dalam rasio permeabilitas terhadap tebal lembaran geotekstil, atau yang disebut dengan istila permetivitas.

non woven geotextile sebagai filtrasi

Gambar 1. Non woven geotextile sebagai filtrasi

3. Fungsi Drainase

Geotekstil pada arah bidangnya dapat dialiri oleh cairan, sehingga dapat berfungsi sebagai saluran drainase. Fungsi drainase dalam geotekstil sebagai keseimbangan dalam sistem geotekstil terhadap tanah, yang memungkinkan aliran yang bebas mengalir (tetapi tidak ada tanah yang hilang) searah bidangnya pada periode waktu yang panjang. Fungsi geotekstil umumnya berkurang bila tegangan normal yang bekerja pada bidangnya.

Parameter yang dapat dilihat pada geotekstil sebagai fungsi drainase yaitu aliran cairan searah bidang geotekstil atau bisa disebut transmisivitas.

Kemampuan geotekstil untuk mengalirkan air searah bidang merupakan keuntungan lain, disamping kemampuan mangalirkan air ke arah normalnya dalam aplikasi geotekstil untuk drainase. Aplikasi drainase searah bidang ini yaitu :

  1. Drainase pemotong (interceptor drain).
  2. Pengaliran air di bawah lapisan pondasi jalan raya.
  3. Drainase pita horisontal dan vertikal untuk mempercepat proses konsolidasi.
  4. Pelepas tekanan air pori dalam lereng tanah atau batuan.
  5. Pelepas tekanan air pori dalam timbunan dan bendungan dan lain-lain.
Geotextile Non Woven pada gabion wall

Gambar 2. Non woven geotextile sebagai drainase

4. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material Non Woven Geotextile sebagai lapis filtrasi.

PT. Pandu Equator Prima bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Non Woven Geotextile untuk lapis filtrasi pada aplikasi drainase.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan Non Woven Geotextile pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima.

Ingin Konsultasi Seputar Geosintetik ?

silahkan hubungi kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765

Ingin Konsultasi Seputar Geosintetik ?

silahkan hubungi kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765

Baca Post Kami Lainnya

Apa itu Geotextile Woven dan Non Woven Serta Fungsinya

Apa itu Geotextile Woven dan Non Woven Serta Fungsinya

Apa itu Geotextile Woven dan Non Woven Serta FungsinyaApa itu Geotextile Geotextile adalah lembaran sintetik yang berpori sehingga memiliki sifat tembus air dan fleksibel, biasanya digunakan sebagai stablisasi tanah dasar dalam pekerjaan Teknik sipil. Geotextile...

Apa itu Bronjong dan Cara Pemasangan di Lapangan

Apa itu Bronjong dan Cara Pemasangan di Lapangan

Apa itu Bronjong dan Cara Pemasangan di LapanganBronjong atau Gabion adalah sebuah konstruksi yang digunakan untuk mencegah erosi pada tanah lereng biasanya banyak digunakan pada pinggiran sungai. Namun tidak sedikit pula yang menggunakan bronjong ini sebagai tambahan...

Dokumentasi Pemasangan Geocell Untuk Slope Protection

Dokumentasi Pemasangan Geocell Untuk Slope Protection

Dokumentasi Pemasangan Geocell Untuk Slope ProtectionSalah satu metode slope protection adalah menggunakan geocell, yaotu material geosintetik yang terbuat dari bahan HDPE dan campuran polimer lainnya. Material ini berupa jaring 3 dimensi yang bentuknya seperti sarang...

Let's Work Together!

Silahkan Hubungi Team Kami agar dapat menentukan material yang tepat untuk proyek anda dan dapatkan harga terbaik dari kami. 

Location

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Mobile : 08111116066

Fax : (62-21) 8463504

Email : office@pandu-equator.com

Dapatkan Info Lebih Lengkap Mengenai Geosintetik