Selimut Pengendali Erosi berbahan Dasar Serat Alami

Kestabilan lereng merupakan syarat mutlak yang perlu diperhatikan. Pada saat musim hujan tiba dengan intensitas yang tinggi, akan terjadi peristiwa pengikisan tanah yang berlebihan atau disebut dengan erosi pada permukaan tanah. Erosi akan mengakibatkan tanah di sekitar lereng menjadi rusak dan seiring berjalannya waktu mengakibatkan bencana longsor.

Sehingga dibutuhkan penanganan untuk menahan aliran air yang menjadi konsentrasi aliran air hujan di permukaan lereng. Selimut pengendali erosi (Erosion Protection) berbahan dasar serat dapat dipasang sebagai alternatif solusi. Selimut pengendali erosi tersebut adalah jutenet dan cocomesh (Coir Geotextile).

Menurut SKh-1.3.17 Spesifikasi Khusus Interim Pengendali Erosi Lereng, jenis pengendali erosi tipe I ini dapat diaplikasikan untuk lereng tanah dengan kemiringan 1:2 dan di desain untuk dapat tahan proses degradasi selama 6 bulan.

Jutenet adalah jaring berbahan serat jute yang berasal dari kulit batang tanaman Corchorus Capsularis dan Corchorus Olitorius. Sedangkan cocomesh adalah anyaman dari serabut kelapa yang dibuat menjadi jaring-jaring. Kedua teknologi tersebut sangat cocok digunakan karena bahannya yang alami, media tumbuh tanaman, dapat menyerap air di saat curah hujan yang tinggi, mampu menyatu dan terdegradasi dengan tanah, menjadi humus di tanah yang kurang baik nutrisinya. Serta mampu menjadi batas, guna mengurangi kontak langsung air hujan dengan tanah di saat curah hujan tinggi.

Tahap pertama pengaplikasian material ini adalah harus dipastikan bahwa lereng yang akan diproteksi dibersihkan terlebih dahulu. Selanjutnya posisikan material tersebut untuk kemudian dihamparkan (laid over), penggelaran dilaksanakan dengan cara Top-Down atau Bottom-Down.

Setelah semua material tersebut dihamparkan, baik menggunakan cocomesh maupun jutenet (pemilihan material tergantung kebutuhan masing-masing konstruksi), dapat dikombinasikan dengan vegetasi berupa benih yang ditebar dengan Teknik hydroseeding. Nantinya akar dari vegetasi yang tumbuh akan membantu menurunkan laju erosi tanah.

Jutenet dan cocomesh bisa diterapkan untuk mereklamasi lahan-lahan yang memiliki lereng curam dan tebing-tebing tinggi, selain itu dapat digunakan untuk reklamasi bekas lahan tambang yang melakukan kegiatan eksplorasi untuk melakukan penghijauan kembali terhadap lahan yang rusak setelah kegiatan penambangan berakhir.

Kami Siap Membantu Anda

Silahkan hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan geosintetik anda dengan team ahli kami

Let's Work Together!

Silahkan Hubungi Team Kami agar dapat menentukan material yang tepat untuk proyek anda dan dapatkan harga terbaik dari kami. 

Location

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Mobile : 08111116066

Fax : (62-21) 8463504

Email : office@pandu-equator.com

Permintaan Penawaran Harga Cement Blanket

9 + 15 =