Langkah – Langkah Instalasi Geocell Sebagai Erosion Control

Mempersiapkan lahan dengan membersihkan semua tutupan vegetatif, puing-puing dan tanah yang tidak dapat diterima dari daerah di mana sistem Geocell akan ditempatkan. Ganti semua tanah yang dilepas dengan material yang dapat diterima dan lengkapi semua pekerjaan tanah, termasuk parit saat dibutuhkan untuk aplikasi lereng atau saluran, sesuai dengan spesifikasi pekerjaan.

Terdapat 2 metode instalasi berdasarkan metode penguncian yaitu dengan metode galian angkur dan instalasi dengan menggunakan tendon.

2. Metode Galian Angkur

Tepi atas Geocell harus ditimbun dalam parit angkur untuk mencegah aliran di bawahnya. Ini juga berfungsi untuk mengunci Geocell bagian atas lereng. Metode ini mengambil keuntungan dari berat tanah di atas sel yang ditimbun. Persamaan berikut dapat digunakan untuk menghitung panjang dan tinggi parit yang dibutuhkan untuk menahan gaya geser :

3. Instalasi dengan Menggunakan Tendon

jika Geocell belum memiliki lubang untuk tendon, bor lubang 16 mm hingga 25 mm melalui semua dinding sel sebelum Geocell diperluas. Ukur dan potong tendon dengan panjang yang diinginkan (termasuk panjang kemiringan, komponen horisontal di atas kemiringan, dan kedalaman jangkar parit) dan ditambahkan sekitar 15% dari panjang untuk mengikat sekitar pin penahan dan pipa jangkar. Bahkan jika beberapa panel Geocell diperlukan, satu tendon harus berjalan sepanjang lereng. Ikat tendon ke struktur pendukung di luar puncak lereng. Struktur pendukung ini bisa berupa panjang pipa PVC kekuatan tinggi, balok beton, atau set balok beton yang ditempatkan di parit angkur. Sistem alternatif dapat terdiri dari angkur tanah.

 Di bagian atas lereng, masukkan tendon melalui Slot di bagian Geocell yang tidak diperluas. Rentangkan panel Geocell di lereng. Bagian Geocell harus direntangkan melewati panjang yang dirancang lalu dibiarkan mengendap kembali ke panjang yang dirancang. Ikat tendon, dan tegangkanke J-pin, penahan pin, atau dinding sel di sisi menurun setiap 3 sel. Penggunaan perangkat penahan ini membantu mentransfer beban dari Geocell ke tendon. Perangkat ini harus terbuat dari bahan tahan korosi seperti baja galvanis, plastik kekuatan tinggi, dll.

Tempatkan J-Pin di sel di mana diperlukan untuk memegang bentuk yang sesuai untuk menimbun.

Bagian Geocell yang berdekatn harus memiliki level dan rata satu sama lain. Overlap sisi bagian Geocell dan sambungkan ujungnya. Amankan bagian yang berdampingan satu sama lain menggunakan konektor atau cara lain seperti yang disyaratkan oleh aplikasi pekerjaan.
Pasang keseimbangan pasak atau kait “J”. Jumlah penahan yang diperlukan akan bervariasi berdasarkan kondisi lokasi kerja dan banyak faktor lainnya. Ikuti spesifikasi pekerjaan engineering proyek untuk lokasi dan jumlah jangkar (J-Pin) yang diperlukan. Gambar-gambar di bawah ini memberikan prosedur yang disarankan untuk memasang jangkar pin dengan tendon.

Ketika Geocell telah ditempatkan dengan benar, sistem harus diisi menggunakan bahan yang ditentukan dalam spesifikasi pekerjaan.

Untuk mencegah kemungkinan kerusakan pada sistem, batasi ketinggian drop infill tidak lebih dari 1m.

Pengisian dilakukan dari atas lereng atau saluran ke pangkalan menggunakan loader front-end, backhoe, bucket excavator atau conveyor.

Instalasi Angkur Pin dengan Tendon

Saat menggunakan pasir, butiran atau tanah lapisan atas, isi sampai berlebihan bagian Geocell sebesar 25 mm hingga 50 mm untuk dipadatkan. Pasir dan isian granular kemudian harus dipadatkan dengan bucket ke bagian atas sel. Isi tanah lapisan atas harus dipadatkan dengan loader atau backhoe bucket atau dengan tamper plate. Isi beton harus secara diisi secara manual, agar cell tidak rusak.

Ingin info Lebih Detail ?

Silahkan hubungi kami, dan kami siap membantu anda

Untuk informasi lebih lanjut mengenai material geosintetik, silahkan hubungi kami di (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Ingin Konsultasi Seputar Geosintetik ?

silahkan hubungi kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765

Kami Siap Membantu Anda

Silahkan hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan geosintetik anda dengan team ahli kami

Baca Post Kami Lainnya

Hasil Finishing Proyek Segmental Retaining Wall di Jawa Barat

Jika pada postingan sebelumnya kami masih menampilkan hasil segmental retaining wall yang apa adanya karena memang baru jadi, pada foto diatas dapat dilihat bahwa Segmental retaing wall tersebut sudah dimanfaatkan sebagai lahan parkir yang dipercantik dengan pagar berwarna putih.

Let's Work Together!

Silahkan Hubungi Team Kami agar dapat menentukan material yang tepat untuk proyek anda dan dapatkan harga terbaik dari kami. 

Location

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Mobile : 08111116066

Fax : (62-21) 8463504

Email : office@pandu-equator.com

Dapatkan Info Lebih Lengkap Mengenai Geosintetik

9 + 11 =