Apa itu Geocomposite, Jenis dan Fungsinya ?

Setiap material geosintetik seperti geotextile, geomembrane, geogrid, geonet memiliki fungsi masing-masing namun ada kalanya kita menemukan kondisi dimana material yang ada tidak mampu mengatasi permasalahan yang ada dilapangan sehingga dilakukan modifikasi dengan menggabungkan 2 atau lebih material geosintetik yang kemudian disebut dengan istilah geocomposite.

Apa itu Geocomposite

Filosofi dasar di balik bahan geocomposite adalah menggabungkan fungsi terbaik dari bahan geosintetik yang berbeda sedemikian rupa sehingga didapatkan material dengan fungsi yang dibutuhkan dan dengan biaya minimum. Dengan demikian, rasio manfaat / biaya dimaksimalkan. (Sumber: Wikipedia)

Berikut ini adalah jenis-jenis Geokomposit

Geotextile Composite

Geotextile composite ini material yang paling dikenal di pasaran, bentuknya berupa geotextile non woven yang diperkuat dengan jahitan benang polyester. Selain itu ada juga yang berupa gabungan dari lembaran woven geotextile dan non woven geotextile yang dijahit jadi satu. Sehingga fungsi sebagai perkuatan menjadi lebih baik.

woven geotextile

Gambar 1 : Non Woven Geotextile Composite

woven geotextile

Gambar 2 : Woven Geotextile Composite

Geotextile – Geogrid Composite

Jenis geocomposite ini adalah perpaduan dari material geotextile non woven dan geogrid dimana geotextile berfungsi sebagai filter dan drainase sementara geogrid sebagai fungsi reinforcement, biasanya digunakan pada perkuatan tanah lereng dan timbunan.

geotextile - geogrid composite

Gambar 3 : Geotextile – Geogrid Composite

Geotextile – Geonet Composite

Geocomposite ini adalah perpaduan dari geotextile non woven dan geonet dimana salah satu sisi atau kedua sisi geonet dilapisi dengan geotextile sehingga fungsi pemisah dan filtrasi menjadi lebih baik. Geocomposite ini dikenal juga sebagai geokomposite drainase dimana cairan akan masuk melalui pori-pori geotextile dan kemudian akan mengalir secara hosrizontal didalam geonet menuju collecting drain.

geotextile - geonet composite

Gambar 4 : Geotextile – Geonet Composite

Geotextile – Geomembrane Composite

Geocomposite yang satu ini adalah penggabungan dari geotextile non woven dan geomembrane dimana salah satu atau kedua sisi geomembrane dilapisi dengan geotextile, sehingga meningkatkan ketahanan geomembrane terhadap tusukan dan gesekan statis serta meningkatkan kuat tarik.

geotextile - geomembrane composite

Gambar 5 : Geotextile – Geomembrane Composite

Untuk informasi lebih lanjut mengenai material geocomposite, silahkan hubungi kami di (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Ingin Konsultasi Seputar Geosintetik ?

silahkan hubungi kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765

Ingin Konsultasi Seputar Geosintetik ?

silahkan hubungi kami di (021) 84995477, 84999534, 84994765

Baca Post Kami Lainnya

Apa itu Landfill Capping?

Apa itu Landfill Capping?

Apa itu Landfill Capping?Capping secara harafiah berarti penutup yang berfungsi untuk menutup suatu hal agar tidak keluar, dalam hal ini Landfill Capping adalah cover penutup untuk Tempat Pembuangan, seperti : Capping untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang isinya...

Perkuatan Lereng dengan Geogrid

Perkuatan Lereng dengan Geogrid

Perkuatan Lereng dengan GeogridGeogrid merupakan material geosintetik selain geotextile yang juga digunakan untuk tujuan perkuatan tanah, hanya saja geogrid tidak memiliki fungsi sebagai separator, filtrasi, dan penghalang air seperti pada geotextile. Geogrid umumnya...

Let's Work Together!

Silahkan Hubungi Team Kami agar dapat menentukan material yang tepat untuk proyek anda dan dapatkan harga terbaik dari kami. 

Location

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Mobile : 08111116066

Fax : (62-21) 8463504

Email : office@pandu-equator.com

Dapatkan Info Lebih Lengkap Mengenai Geosintetik