Metode Penguncian dan Penyambungan Geocell pada Aplikasi Sebagai Erosion Control

1. Pendahuluan

Penguncian yang benar antara Geocell dan lereng sangat penting untuk menilai sebarapa baik kinerja dari aplikasi geocell. Penguncian harus dibuat setelah geocell dipasang. Jumlah dan jenis penguncian ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  1. Kepadatan tanah dasar;
  2. Berat dan jenis material pengisi;
  3. Panjang kemiringan;
  4. Sudut kemiringan;
  5. Kondisi lingkungan atau eksternal, misalnya salju;
  6. Sudut gesekan dalam (f) dari bahan pengisi dan tanah lereng (hanya yang lebih kecil dari keduanya yang akan digunakan);
  7. Tinggi geocell;
  8. Adanya lapisan geomembrane;
  9. Adanya lapisan non woven geotextile;
  10. Faktor keamanan.

Pemasangan Angkur

2. Metode Penguncian

Sebelum memilih metode penguncian, hal yang pertama harus dilakukan yaitu menentukan net sliding force (NSF) atau gaya yang harus diatasi untuk menjaga geocell agar tidak meluncur menuruni lereng. Jika NSF negatif, maka gaya gesek antara Geocell dan kemiringan cukup untuk menahan sistem pada tempanya.

Adapun metode penguncian geocel pada aplikasi erosion control yaitu :

  1. Galian angkur
  2. Stakes (Pin J)
  3. Tendon

 

3. Metode Penyambungan Geocell

Ada beberapa metode penyambungan geocell diantaranya yaitu HDPE geocell conector, staples, cable ties, serta tendon dan penahan pin.
HDPE Geocell Conector
Bagian-bagian yang berdekatan dari Geocell harus digabungkan untuk menjaga agar tidak bergerak dan membuat celah sementara bahan pengisi ditempatkan di dalam panel. Konektor HDPE adalah perangkat mekanis nilon one-piece berkekuatan tinggi yang dapat menyambung hingga 15 cm dari sambungan. Konektor tidak memerlukan peralatan tambahan untuk dipasang. Satu konektor digunakan per sambungan sel

Konektor HDPE

Staples

Panel yang berdekatan juga dapat digabungkan dengan penggunaan staples. Staples dipasang melalui setiap set sel yang berdampingan. Jumlah staples yang direkomendasikan per berbagai ketinggian sel tercantum dalam tabel di bawah ini.

Cable Ties

Panel yang berdekatan juga dapat digabungkan dengan penggunaan cable ties. Cable ties dipasang melalui setiap set sel yang berdampingan.

Penyambungan dengan Cable Ties

Tendon dan Penahan Pin

Tendon dan penahan pin digunakan pada lereng curam di mana dukungan tambahan diperlukan, atau di mana penggunaan Pin J dilarang (dasar batuan, liner geomembran). Tendon dan  juga biasa digunakan ketika lebih dari satu bagian Geocell diperlukan untuk menutupi kemiringan dari atas ke bawah.

Tendon dan Penahan Pin

Tiga karakteristik penting tendon adalah kekuatan, daya tahan dan ketahanan terhadap creep. Tendon biasanya terdiri dari anyaman atau kabel poliester berkekuatan tinggi. Beban desain dan jarak tendon ditentukan oleh gaya yang akan didukung. Pada bagian terendah Geocell, tendon dapat diikat ke Pin J untuk menghindari konsentrasi stres. Jumlah tendon yang diperlukan harus ditentukan oleh engineer proyek.

4. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material geosintetik pada perkuatan pada akses jalan salah satunya dengan menggunakan material Geocell.

PT. Pandu Equator Prima bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Geocell untuk perkuatan timbunan, jalan raya, perkuatan pondasi, perkuatan pada jalan kereta api,dan proteksi pada lereng.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan Geocell pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima

Informasi Lebih Lanjut

Silahkan Hubungi Kami, Team kami siap membantu anda. 

Location

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Mobile : 08111116066

Fax : (62-21) 8463504

Email : office@pandu-equator.com

Dapatkan Info Lebih Lengkap Mengenai Geosynthetics