1. Pendahuluan

Salah satu metode untuk mengatasi masalah tanah lunak adalah dengan menggunakan teknik prakompresi. Prakompresi adalah suatu proses pemampatan tanah pondasi dengan jalan pemberian pembebanan sementara (prabeban/preloading)sebelum konstruksi yang sesungguhnya didirikan. Proses konsolidasi akan semakin cepat terjadi dengan menggunakan metode prakompresi yang dikombinasikan dengan pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD).

Gambar 1 Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD)

Vertical drain berbentuk seperti pita panjang selebar 10 cm merupakan bahan drainase yang ditanam kedalam tanah lunak berbutir halus dengan kapasitas air yang sangat tinggi yang digunakan untuk mengeluarkan pori berlebih sehingga dapat mempercepat waktu konsolidasi.

Setelah proses konsolidasi mencapai tingkat yang diinginkan, maka penurunan tanah terjadi sehingga konstruksi jalan raya, kereta api, tanggul, landasan pesawat, areal penimbunan terbuka lainnya dapat dibangun diatasnya dengan aman. Adapun metode pemasangan prefabricated vertical drain dijelaskan di bawah ini.

 

2. Pemasangan Prevabricated Vertical Drain

Pemancangan vertikal drain dapat dilaksanakan setelah plate form atau landasan kerja yang berfungsi sebagai drainasi horisontal selesai dilaksanakan. Ketebalan dari lapisan pasir ini biasanya berkisar 1 m. Lapisan ini juga harus stabil untuk berfungsi sebagai lantai kerja bagi peralatan pancang.

Gambar 2 Tahapan Pemasangan Prefabricated Vertical Drain (PVD)

Prosedur pemancangan vertikal drain sebagai berikut :

  1. Bagi lahan kerja menjadi seksi-seksi yang secara praktis dapat ditangani oleh sejumlah alat tertentu sesuai dengan periode waktu kerja yang ad
  2. Buat titik referensi untuk setiap se Untuk setiap seksi minimal harus tersedia tiga titik referensi agar grid bagi titik-titik pemasangan dapat dibuat.
  3. Berdasarkan pada  titik-titik  referensi  ini,  dibuat  grid  untuk  titik-titik  pemasangan  sesuai dengan pola (pola segitiga) dan jarak pemasangan yang ditetapkan pada rancangan perbaikan tanah.
  4. Setelah gulungan vertikal drain dipasang pada peralatan dan ujung vertikal drain dipasangpada  jarum  (mandril),  pemancangan  dilakukan  secara  berulang  dengan  langkah-langkah sebagai berikut:
  • Pasang besi angkur diameter 10 mm sepanjang ± 30 cm(sepatu) dengan ujung vertikal drain pada ujung bagian bawah mand
  • Posisi alat  pemancangan  drain  diatur  sehingga  ujung  bawah  mandril  tepat  pada  titik pemasangan.
  • Pancang vertikal drain ke dalam tanah sampai dengan kedalaman yang telah ditentukan dengan menggunakan tekanan hidraulik dari Excavato Kedalaman pemasangan dapat dimonitor melalui alat pengukur kedalaman yang terhubung Rig.
  • Setelah mencapai kedalaman yang ditentukan yaitu 20 m, tarik mandril ke Selama proses ini, vertical drain tetap berada di dalam tanah tertahan oleh sepatu.
  • Potong vertikal drain yang berada di atas tanah sepanjang ukuran yang telah ditentukan.
  • Biasanya panjang ukuran tersebut berkisar antara 40 cm sampai dengan 50 cm.
  • Dengan mengulangi langkah-langkah diatas, maka vertical drain akan terpasang dari satu seksi ke seksi berikutnya sehingga semua area selesai dipasang.

5. Catatan pada detail pemasangan:

  • Penyambungan antar  vertikal  drain  harus  dilakukan  sesuai  dengan  kententuan  yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat atau sesuai dengan syarat yang disetujui oleh Engin Umumnya, penyambungan dilaksanakan dengan meng-overlap isi vertikal drain sebesar 20 cm kemudian ditutup kembali.
  • Bila kedalaman yang dituju tidak tercapai akibat adanya hambatan dalam menekan jarum mandrel kedalam tanah, Hal ini dapat digantikan dengan melakukan penetrasi ulang padat titik berdekat dengan titik sebelumny
  • Pada umumnya, base machine bergerak mundur selama proses pemasangan, dan setiap langkah pergerakan dapat mencakup beberapa point dengan melakukan gerakan memutar sejauh jangkauan dari boom, sehingga titik yang telah terpasang dari setiap langkah pergerakan akan mengikuti pola yang telah direncanakan.

Gambar 3 Tahapan Pemancangan Prefabricated Vertical Drain (PVD)

3. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material Prefabricated Vertical Drain sebagai material untuk perbaikan tanah pada lempung lunak.

Info Produk : http://pandu-equator.com/prefabricated-vertical-drain-pvd/

PT. Pandu Equator Prima bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Prefabricated Vertical Drain sebagai material untuk perbaikan tanah pada lempung lunak.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan PVD pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima

 

4. Referensi

Metode instalasi pemasangan prefabricated vertical drain.

 

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Fax : (62-21) 8463504

Mobile : 0811-1116066

Email : office@pandu-equator.com

Silakan Isi Form Berikut Untuk Konsultasi Produk Prefabricated Vertical Drain

10 + 15 =