Pendahuluan

Tanah lunak didefinisikan sebagai tanah lempung atau gambut dengan kuat geser kurang dari 25 kN/m2 berdasarkan Panduan Geoteknik 1 No. Pt T-08-2002-B (DPU,2002a). Jika menggunakan korelasi dari AASHTO M288-06 (CBR≈30 cu), maka nilai kuat geser ini setara dengan nilai CBR lapangan kurang dari 1.

Timbunan yang dibangun di atas tanah lunak memiliki kecenderungan untuk menyebar secara lateral akibat tekanan tanah horizontal yang bekerja di dalam timbunan. Tekanan tanah ini menimbulkan tegangan geser horizontal pada dasar timbunan yang harus ditahan oleh tanah pondasi. Apabila tanah pondasi tidak memiliki tahanan geser yang cukup, maka akan terjadi keruntuhan.

Pemasangan geotextile atau geogrid berkekuatan tinggi yang direncanakan dengan tepat akan berfungsi sebagai perkuatan untuk meningkatkan stabilitas serta mencegah keruntuhan, geotextile atau geogrid juga akan mengurangi pergeseran horizontal dan vertikal tanah di bawahnya, sehingga dapat mengurangi penurunan diferensial.

Fungsi Woven Geotextile pada Tanah Lunak

Woven Geotextile berfungsi sebagai lapisan perkuatan sekaligus sebagai lapisan pemisah (separator) antara tanah dasar yang lunak, tanah kembang susut (ekspansif) dengan granular tanah urugan diatasnya sehingga tebal design granular diatasnya akan tetap terjaga sehingga konstruksi jalan menjadi stabil, tidak bergelombang dan rata pada permukaannya.

Kondisi Tanah Tanpa Geotextile

Kondisi Dengan Geotextile

Separasi Partikel Dan Penyaluran Gaya

Sebagai pemisah, Woven Geotextile ini mencegah kontaminasi butiran kasar urugan untuk badan jalan dengan tanah dasar lunak, dengan mencegah bercampurnya bahan lapisan badan jalan, kekuatan dan kekakuan yang diperlukan dalam fungsinya sebagai penyebar beban permukaan dapat tetap terjaga.

Sebagai separator Woven Geotextile mencegah hilangnya agregat sekaligus mengurangi jumlah material pengisi (urugan) yang pada akhirnya akan menghemat biaya pelaksanaan dan juga pemeliharaan.

Pengerjaan Pemasangan Woven Geotextile Pada Tanah Lunak

PT. Pandu Equator Prima | Woven Geotextile, Irigasi Daerah Jabung – Lampung

PT. Pandu Equator Prima | Woven Geotextile, Irigasi Daerah Jabung – Lampung

PT. Pandu Equator Prima | Woven Geotextile, Tembilahan – Riau

PT. Pandu Equator Prima | Woven Geotextile, Tembilahan – Riau

Penutup

Demikian artikel singkat kami tentang Geotextile yang digunakan pada konstruksi tanah lunak. Semoga dapat membantu dalam proyek yang sedang Anda kerjakan maupun proyek yang akan Anda kerjakan. Kami PT. Pandu Equator Prima selaku supplier Geotextile terbaik di Indonesia siap membantu Anda untuk kebutuhan material Geotextile.

Terima kasih, sukses selalu.

Sumber/kutipan: Pedoman Konstruksi dan Bangunan Departemen Pekerjaan Umum

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Mobile : 0811-1116066 Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765,

Fax : (62-21) 8463504,

Email : office@pandu-equator.com

Silakan Isi Form Berikut Untuk Pemesanan dan Informasi Harga Woven dan Non Woven Geotextile.

9 + 11 =