1. Pendahuluan

Fasilitas penahanan limbah adalah di antara banyak sistem geoteknis yang menggunakan geosintetik. Geotekstil khususnya digunakan dalam fungsi-fungsi utama (misalnya, pemisahan, filtrasi, drainase, penguatan, bantalan, dan geotekstil yang dikombinasikan dengan jenis geoteknologi lainnya biasanya dirujuk sebagai geokomposit). Penggunaan geosintetik, dan geotekstil secara khusus, kemungkinan akan berkembang lebih lanjut karena perencana sudah lebih mengenal aplikasi material tersebut dan produsen mengembangkan geosintetik baru dan lebih baik untuk aplikasi. Geosintetik memiliki peran penting dalam aplikasi penahanan limbah karena mereka serba guna, hemat biaya, mudah dipasang, memiliki umur yang panjang, dan sifat mekanik dan hidrolik yang sangat baik.

 

2. Aplikasi dan Fungsi

Berbagai penggunaan geosintetik dalam desain tempat pembuangan sampah kota modern adalah gambaran contoh yang baik dari aplikasi material tersebut untuk melakukan banyak fungsi, terutama terkait dengan pemisahan, filtrasi, drainase, penguatan, dan lapis kedap. Selain itu, tanah fondasi dan lereng sisi tanah yang curam di bawah dasar TPA mungkin perlu distabilkan dan diperkuat menggunakan geotekstil atau Geogrid yang didistribusikan secara acak. Fasilitas TPA modern, kolam limbah, dan kolam lindi menggunakan geosintetik dalam sistem utama yang dirancang untuk menampung limbah di dalam fasilitas. Sistem yang dirancang utama adalah sistem pengumpulan air tanah dan gas di bawah sistem liner dasar, biasanya terdiri dari sistem deteksi kebocoran dan sistem pengumpulan dan pembuangan lindi, dan dalam sistem penutup akhir untuk mengumpulkan gas dan air di bawah dan di atas sistem penghalang masing-masing. Penggunaan geosintetik dalam sistem liner penahanan limbah dari bawah ke atas dalam fungsi utamanya dijelaskan lebih lanjut (Gambar 1).

Gambar 1. Penggunaan geosintetik dalam sistem liner penahanan limbah dari bawah ke atas: Compacted Clay Liner (CCL), Geosynthetic Clay Liner (GCL), Geogrid (GG), Geomembrane (GM), Geotextile-Geonet Geocom-posite (GC), Geonet (GN), Geonet (GN), Geonet (GN) ), Geotextile (GT), Geopipe (GP).

2.2.1. Sistem Pengumpulan Air Tanah

Ketika ketinggian air tanah berada dekat dengan sistem base liner, biasanya ada persyaratan peraturan bahwa puncak elevasi air tanah perlu dikendalikan di bagian bawah penampung limbah. Biasanya ini mudah dicapai dengan menggunakan kontrol gradien saluran air drainase, yang biasanya dibangun menggunakan filter geotekstil pasir kasar atau kerikil di sekitarnya. Geotextile digunakan dalam fungsi separator / filter untuk menjaga partikel tanah agar tidak diangkut dengan air tanah ke dalam pasir atau batu dari saluran pembuangan drainase.

 

2.2.2. Sistem transmisi gas di bawah pelapis permukaan impoundment

Seperti halnya air tanah, gas alam mungkin berada dekat dengan sistem base liner; biasanya penting untuk penumpukan gas di bawah sistem liner pada sistem penahanan limbah yang perlu dikendalikan, terutama untuk penambahan limbah yang mungkin tidak memiliki cairan sepanjang tahun. Ini dapat dikontrol dengan menggunakan saluran drainase yang dikendalikan oleh kemringan, yang dibangun menggunakan filter geotekstil. Geotextile digunakan dalam fungsi filter / pemisahnya untuk menjaga partikel tanah agar tidak masuk ke pasir kasar atau batuan saluran drainase. Jika gradien tekanan gas tidak memadai untuk mengontrol tekanan agar tidak terbentuk, sistem dapat diatur sebagai sistem kontrol vakum gas aktif.

 

2.2.3. Sistem deteksi kebocoran dan pengumpulan lindi

Base liner pada fasilitas penahanan limbah modern biasanya merupakan sistem liner komposit ganda. Sistem liner komposit ganda digunakan untuk menampung limbah padat kota dan diperlukan untuk fasilitas penahanan limbah yang dirancang untuk limbah yang mengandung B3. Sistem liner primer dari sistem liner komposit ganda biasanya mencakup geomembran dan liner geokomposit sebagai lapisan penghalang utama dan geosintetik clay liner sebagai lapisan penghalang sekunder. Sistem deteksi kebocoran, yang terletak di antara liner primer dan sekunder, biasanya merupakan drainase geokomposit geotextile-geonet. Sistem pengumpulan lindi yang melapisi liner primer di bagian bawah sistem liner biasanya terdiri dari kerikil dengan jaringan pipa berlubang atau drain Geocomposite geotextile-geonet. Lapisan geotekstil nonwoven di bawah kerikil memberikan bantalan untuk melindungi geomembran primer dari tusukan oleh kerikil di atasnya.

Gambar 2. Lapisan Geotextile Non Woven dipasang di atas lapisan Geomembrane berfungsi sebagai lapis pelindung

2.2.4. Transmisi gas di bawah liner dan drainase air permukaan di dalam dan di atas sistem penutup akhir

Seperti ditunjukkan pada Gambar 3, sistem penutup akhir dari fasilitas penahanan limbah modern biasanya berisi lapisan penghalang geomembran. Lapisan drainase yang menutupi lapisan penghalang geomembran biasanya merupakan Drainase Geocomposite Geotextile – Geonet. Selain itu, tanah overlay mungkin termasuk geotekstil, geogrid, atau penguatan geocell di bawah sistem penghalang. Pondasi dan lapisan stabilisasi dapat dimasukkan dalam sistem penutup untuk meminimalkan tegangan yang dapat diinduksi pada lapisan penghalang dengan penyelesaian diferensial dari sampah atau dengan ekspansi vertikal TPA di masa depan. Lapisan transmisi gas TPA yang terdiri dari geotekstil atau drainase geokomposit di bawah lapisan penghalang sistem penutup mungkin perlu ditambahkan untuk mengurangi tekanan gas yang terbentuk di bawah sistem penutup. Selain penguat tanah dasar penutup akhir, tanah vegetatif mungkin perlu penguatan baik menggunakan penguat geotekstil atau geogrid di atas barier untuk memberikan stabilitas veneer untuk tanah penutup vegetatif. Bahan pengendali erosi di atas tanah penutup vegetatif memberikan perlindungan terhadap erosi dan pengangkutan sedimen; bahan erosi bisa terdiri dari geotextile, Geomat ataupun Geocell.

Gambar 3. Sistem penutup akhir dari fasilitas penahanan limbah modern biasanya mengandung lapisan penghalang geomembran.

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765 Fax : (62-21) 8463504

Mobile : 0811-1116066

Email : office@pandu-equator.com

Silakan Isi Form Berikut Untuk Konsultasi Produk Geosintetik

7 + 12 =