1. Pendahuluan

Geonet sering digunakan dengan material lain seperti geotextile, geomembrane atau material lainnya. Material ini diletakkan di atas dan di bawah permukaan geonet, guna mencegah intrusi butiran tanah ke dalam lubang geonet yang dapat menghalangi fungsi drainase searah bidang dari geonet. Geonet dapat diaplikasikan untuk :

  • Drainse di belakang dinding penahan tanah.
  • Drainase rembesan pada lereng tanah dan batuan.
  • Drainase di belakang geomembrane di dalam bendungan dan saluran.
  • Drainase untuk tempat pembuangan akhir.
  • Drainase di bawah fondasi bangunan gedung.
  • Drainase di bawah jalan raya dan bandara.
  • Sebagai lapisan drainase di bawah timbunan sampah.

 

Geonet Geocomposite

2. Aplikasi Geonet pada Tempat Pembuangan Akhir Sebagai Drainase

Pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terdapat suatu sistem pengumpulan dan pembuangan lindi yang pada umumnya merupakan satu-satunya sistem drainase lateral yang disediakan di TPA limbah pada perkotaan yang memiliki fungsi sebagai sarana utama untuk pengumpulan dan pembuangan lindi.

Sistem pengumpulan lindi harus memiliki kapasitas aliran air yang memadai untuk keberlangsungnya tempat pembuangan akhir (TPA). Secara tradisional, bahan-bahan alami, terutama kerikil, telah digunakan, tetapi bahan-bahan ini memakan banyak ruang udara yang berharga dan membutuhkan lapisan bantalan yang tebal untuk melindungi liner yang mendasarinya, selain itu bisa sangat mahal jika material kerikil ini tidak tersedia dan perlu transportasi yang jauh dari lokasi proyek.

 

Geonet pada Landfill

Geonet Geocomposit adalah drainase aliran tinggi dan dirancang khusus untuk sistem pengumpulan dan pelepasan lindi. Material ini dapat bekerja dengan tekanan sampai dengan 500 kPa.

Material ini memiliki ketebalan yaitu ± 1 cm. Jika dibandingkan dengan sistem drainase konvensional yang menggunakan material gravel dengan ketebalan 30 cm, menggunakan material geonet geocomposite dapat menghemat ruang dengan tinggi 29 cm atau sebesar 96,67%. Selain dapat menghemat ruang, dengan menggunakan geonet dapat mempercepat waktu pekerjaan.

Dari penjelasan diatas, dapat ditari kesimpulan mengenai keuntungan dari pengaplikasian geonet geocomposite pada tempat pembuangan akhir yaitu :

  1. Geonet memiliki ketebalan yaitu ± 1 cm sehingga dapat menghemat ruang dibandingkan dengan cara konvensional menggunakan gravel setebal 30 cm.
  2. Jika material gravel sulit ditemukan, material ini akan menghemat biaya pekerjaan.
  3. Mudah dalam instalasi.
  4. Mempercepat waktu pekerjan.

3. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material Geonet sebagai lapis drainase.

Pandu Equator Prima bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Geonet sebagai lapis drainase.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan Geonet pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima

 

4. Referensi

Hardiyatmo, Hary Christady. (2017), Geosintetik untuk Rekayasa Jalan Raya Perancangan dan Aplikasi. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765 Fax : (62-21) 8463504

Mobile : 0811-1116066

Email : office@pandu-equator.com

Silakan Isi Form Berikut Untuk Konsultasi Produk Geonet

4 + 6 =