A. Pendahuluan.

Air limbah selalu menimbulkan masalah jika tidak ditangani secara benar. Banyak perusahaan /pabrik yang tidak memahami akan dampak buruk yang akan ditimbulkan jika air limbah tidak ditangani secara benar, seringkali air limbah dibuang begitu saja atau langsung dibuang ke aliran sungai, tentunya hal ini akan menimbulkan kerusakan lingkungan yang berdampak negative bagi lingkungan sekitar. Oleh karena itu dibutuhkan pengolahan air limbah dengan baik dan benar, salah satunya adalah dengan membuat kolam pengolahan air limbah menggunakan material Geomembrane atau ada juga sebagian orang yang menyebutnya karpet Geomembran.

B. Geomembrane

Geomembrane adalah salah satu produk geosyntetics yang berbentuk lembaran yang terbuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) atau Low Density Polyethylene (LDPE) atau Polyvinyl Chloride (PVC), namun yang paling popular digunakan di Indonesia adalah HDPE.

Geomembrane

Geomembrane memiliki tingkat impermeabilitas yang sangat tinggi dan sangat homogen, sehingga digunakan sebagai lapisan kedap air (impermeable liner). Selain itu daya tahan HDPE terhadap cairan limbah dan paparan sinar matahari menjadikannya sebagai material yang paling cocok untuk lapisan kedap pada kolam-kolam air maupun kolam limbah.

Struktur material yang flexible dengan elongasi yang cukup besar menjadikannya sebagai material yang mudah diaplikasikan dan dibentuk sesuai dengan kondisi kolam dilapangan dan juga lebih tahan terhadap diferensial settlement. Yang harus diperhatikan dalam pemilihan Geomembrane adalah ketebalan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis material (komposisi kimia), suhu dan kondisi tanah dasar dibawah Geomembrane.

Dalam pengaplikasiannya dilapangan, pekerjaan pemasangan Geomembrane dibagi menjadi 3 secara garis besar :

  1. Pekerjaan persiapan
  2. Pekerjaan pemasangan
  3. Pekerjaan finishing

C. Geomembrane pada Kolam Limbah

Untuk lokasi kolam limbah dengan muka air tanah tinggi untuk mengurangi potensi terjadinya whale (gelembung geomembrane) disarankan untuk dilakukan :

1. Pembuatan under drain dengan melakukan pemasangan pipa perforated yang dibungkus dengan Geotextile pada dasar kolam dan pipa pvc pada tepi kolam untuk mempermudah pemompaan air tanah dari bawah geomembrane pada saat pelaksanaan pemasangan geomembrane dan sebelum kolam terisi.

2. Pemasangan counterweight, dapat berupa sand bag atau beton pracetak, dengan jumlah yang disesuaikan dengan ketinggian muka air tanah agar tidak terangkat.

Untuk kolam limbah yang sudah pernah diisi dengan limbah untuk mengurangi potensi terjadinya whale (gelembung geomembrane) disarankan untuk dilakukan :

1. Pembuatan gas release dengan desain yang sama seperti pembuatan under drain yaitu dengan pemasangan pipa perforated yang dibungkus dengan Geotextile pada dasar kolam (dibawah Geomembrane) dan pipa pvc pada tepi kolam untuk mempermudah aliran gas dari bawah kolam keluar ke permukaan

2. Pemasangan counterweight, dapat berupa sand bag atau beton pracetak, juga diperlukan, untuk jumlahnya agar disesuaikan dengan kondisi tanah dasar kolam dan kemungkinan gas yang timbul

Desain Under Drain

Proses Pengerjaan Geomembrane pada Kolam Limbah

D. Dokumentasi Proyek Pemasangan Geomembrane pada Kolam Limbah

PT. Pandu Equator Prima | Geomembrane Kolam Limbah Kelapa Sawit, Batulicin – Kalimantan Selatan

PT. Pandu Equator Prima | Geomembrane Kolam Limbah Muara Wahau – Kutai Timur

PT. Pandu Equator Prima | Geomembrane Kolam Limbah Sawit, Musi Rawas – Sumatera Selatan

Penutup

Geomembrane selain digunakan pada pengolahan kolam limbah juga sangat bagus digunakan untuk pelapis waduk buatan, penampungan air bersih, kolam ikan, tambak udang, danau buatan, dan tambak garam.

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam pengolahan air limbah menggunakan material Geomembrane. PT. Pandu Equator Prima selaku Distributor Resmi Geomembrane menjual Geomembrane untuk kolam dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif, kami siap membantu Anda untuk konsultasi penggunaan Geomembrane dan pengadaan Geomembrane untuk proyek yang sedang Anda kerjakan maupun proyek yang akan Anda kerjakan.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima.

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Mobile : 0811-1116066 Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765,

Fax : (62-21) 8463504,

Email : office@pandu-equator.com

Silakan Isi Form Berikut Untuk Pemesanan Geomembrane dan Informasi Pemasangan Geomembrane.

13 + 1 =