1. Pendahuluan

Geogrid merupakan lembaran berbentuk rakit yang berlubang-lubang dihamparkan di atas tanah dasar untuk menciptkan strukt tanah yang lebih kuat. Geogrid lebih berfungsi sebagai tulangan atau perkuatan dan tidak memiliki sifat-sifat pada material geotextile seperti pemisah, drainase, filtrasi, dan penghalang air.

Terdapat dua komponen yang dilibatkan dalam mekanisme pemindahan tegangan pada geogrid yaitu gesekan tanah horizontal pada permukaan grid dan tahanan pasif (dukungan tanah horizontal) terhadap bagian grid yang melintang. Gambar 1 menunjukkan contoh dari geogrid. Lubang-lubang di antara rusuk-rusuk memungkinkan butiran tanah dan agregat batuan masuk ke dalamnya dan terjadi interlocking, sehingga dapat menghasilkan tahanan gesek yang tinggi.

Gambar 1 Geogrid

Material yang digunakan untuk urugan pada geogrid ini yaitu tanah granular yang dipadatkan, akan lebih baik menggunakan batuan agregat agar terciptanya interlocking antar agregat. Geogrid dapat diaplikasikan di jalan raya, jalan kereta api, runway, dinding penahan tanah, perkuatan lereng, container yard, dll.

Keuntungan menggunakan geogrid yaitu :

  1. Tahan terhadap lingkungan yang dapat merusaknya karena material ini memiliki ketahanan terhadap kimia dan biologi
  2. Mudah dalam penanganan dan pelaksanaan karena material ini ringan.
  3. Mudah untuk disambung.

 Terdapat 3 tipe material geogrid yaitu :

  1. Geogrid polyester (PET) yang dilapisi PVC
  2. Geogrid polypropylene (PP)
  3. Geogrid High Density Polyethylene (HDPE)

 

2. Aplikasi Geogrid pada Jalan Tanpa Pekerasan

Aplikasi geogrid pada jalan tanpa pekerasan, umumnya geogrid digunakan untuk perkuatan tanah pondasi yang lunak. Pengaruh tulangan geogrid adalah (Giroud, dkk., 1984) :

  1. Meningkatkan kekuatan tanah dasar dari kekuatan tanpa perkuatan menjadi dengan perkuatan
  2. Menyebarkan beban ke tanah dasar menjadi lebih luas seperi terlihat pada Gambar 2. Pada kasus tanpa pekerasan sudut penyebaran beban yaitu ao, sedangkan pada kasus dengan tulangan, sudutnya membesar menjadi a
  3. Pengaruh membrane yang mengurangi tegangan pada material di bawah tulangan geogrid. Nilai pengaruh bergantung pada modulus tarik, elongasi, serta deformasi permukaan tanah dasar (yang merupakan fungsi dari kedalaman alur oleh akibat beban kendaraan)

Gambar 2. Konsep penyebaran tekanan ke tanah dasar

3. Aplikasi Geogrid pada Jalan Dengan Pekerasan

Aplikasi geogrid pada jalan dengan pekerasan biasanya dipasang di dalam lapis pondasi (base course) batu pecah. Pengaruh geogrid yaitu menambah modulus elastik lapis pondasi. Hal ini, dikarenakan gerakan lateral material ketika mengalami pembebanan menjadi berkurang. Dalam system pekerasan jalan, geogrid yang dipasang digunakan sebagai tulangan mempunyai pengaruh :

  1. Mereduksi retak
  2. Mengurangi deformasi vertikal dan horizontal permukaan dalam jangka waktu yang panjang
  3. Memperbaiki sifat kelelahan akibat adanya beban siklik
  4. Mengurangi timbulnya alur jejak roda dan menghambat timbulnya retak reflektif

Gambar 3 Instalasi Geogrid pada Aplikasi Jalan dengan pekerasan

4. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material Geogrid  sebagai perkuatan pada jalan. Pandu Equator Prima bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Geogrid sebagai lapis perkuatan pada jalan.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan Geogrid pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima

 

5. Referensi

Giroud, J.P., Ah-line, C. and Bonaparte, R. (1984), Design of Unpaved Road and Trafficked Areas with Geogrids, Proc. Institution of Civil Engineers, pp. 116-127

Hardiyatmo, Hary Christady. (2017), Geosintetik untuk Rekayasa Jalan Raya Perancangan dan Aplikasi. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Baca juga :

Artikel penyambungan Geogrid

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Fax : (62-21) 8463504

Mobile : 0811-1116066

Email : office@pandu-equator.com

Silakan Isi Form Berikut Untuk Konsultasi Produk Geogrid

3 + 2 =