1. Pendahuluan

Haul road merupakan konstruksi yang sangat penting dalam proses produksi di area tambang. Struktur tanah dasar pada konstruksi ini haruslah kuat dan dapat mendukung beban bergerak yang melintas diatasnya.

Beban lalu lintas yang besar yaitu sebesar kurang lebih 160 ton dan tanah dasar yang kurang baik mengakibatkan akses jalan ini sering terjadi kerusakan seperti penurunan yang tidak sama yang mengakibatkan terjadinya routing atau jejak roda yang dalam.

Gambar 1 Kerusakan pada Akses Jalan Tambang

Untuk mengatasi permasalah diatas, perlu dilakukan perkuatan tanah dengan mekanisme stabilisasi. Prinsip dasar dari mekanisme ini yaitu mendistribusikan beban roda yang bekerja di atas pekerasan jalan. Salah satu material geosintetik yang digunakan sebagai perkuatan pada konstruksi akses jalan tambang yaitu menggunakan Geocell.

 

2. Mekanisme Geocell pada Perkuatan Tanah

Geocell memiliki material utama High-Density Polyethylene (HDPE) strip yang diikat dengan cara ultrasonik sehingga didapatkan konfigurasi yang kuat. Perkuatan tanah dengan menggunakan Geocell menggunakan prinsip menahan gaya tarik tanah melalui mobilisasi resistensi gesekan antara geocell dan tanah.  Mekanisme perkuatan dalam Geocell menyediakan semua penahanan yang bulat pada bahan berdasarkan sel-sel yang saling berhubungan yang mengakibatkan mencegahnya penyebaran lateral tanah pada saat beban di aplikasikan. Pada saat beban diterapkan, pijakan meningkatkan tekanan pada tanah sehingga memberikan tekanan pada membrane. Peningkatan tekanan pada penahanan geocell meningkatkan ketahanan terhadap deformasi karena tanah dapat mengambil lebih banyak beban. Perlawanan interlocking dan gesekan antara tanah dan membran geocell berkontribusi terhadap perlawanan deformasi tanah.

Gambar 2 Penahanan Tanah dengan Menggunakan Perkuatan Geocell (Rai, 2010)

3. Metode Pelaksanaan

Untuk pemasangan perkuatan geocell pada haul road digunakan metode pelaksanaan sebagai berikut :

1. Penyiapan tanah dasar

Penyiapan tanah dasar dilakukan dengan cara meratakan permukaan tanah dasar yang akan dipasang geocell. Pemadatan dilakukan dengan mengacu pada CBR rencana.

2. Pemasangan lapis separasi

Pemasangan lapis separasi sangat penting untuk kinerja sistem pendukung beban. Selain itu juga lapisan ini berfungsi agar tidak terjadi pumping yang diakibatkan karena adanya beban kendaraan dan tanah dasar yang mengalami penurunan daya dukung. Dengan adanya lapisan ini, penurunan yang terjadi akan merata. Salah satu material geosintetik yang digunakan sebagai lapis separasi yaitu geotextile.

3. Pemasangan Geocell

Pemasangan geocell dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Posisikan Geocell pada area yang akan dipasang. Pada pinggirnnya dipasang patok sebagai kuncian sementara pada saat pemasangan geocell sebelum proses penimbunan.
  • Regangkan geocell ke area maksimum. Cek semua panel yang diperluas secara merata dan selaras.
  • Pasang cable ties pada setiap sambungan antar panel.

 4. Pengisian Geocell

Material yang digunakan untuk pengisian Geocell berupa pasir atau gravel. Pengisian dapat dilakukan secara manual atau dilakukan dengan menggunakan alat mekanis seperti loader front-end, backhoe, dump truck atau sistem konveyor (hati-hati: Ketinggian yang berlebih bisa melukai sel. Ketinggian yang disarankan <1m.). Lanjutkan sampai semua sel terisi. Jangan biarkan peralatan apa pun melewati area yang tidak terisi. Dan selalu memenuhi sampai melimpahi sel sedikit untuk memungkinkan konsolidasi.

 

4. Penutup

Demikian artikel ini kami buat semoga dapat membantu Anda dalam memilih material geosintetik pada perkuatan pada akses jalan salah satunya dengan menggunakan material Geocell.

PT. Pandu Equator Prima bergerak dibidang supplier geosintetik, menjual Geocell untuk perkuatan timbunan, jalan raya, perkuatan pondasi, perkuatan pada jalan kereta api,dan proteksi pada lereng.

Untuk konsultasi mengenai pengadaan dan pemasangan Geocell pada proyek yang Anda kerjakan dan juga proyek yang sedang Anda Rencanakan bisa hubungi Kami.

Salam sukses selalu dari kami PT. Pandu Equator Prima

 

5. Referensi

 

Rai, M. (2010). Geocell-sand mattress overlying soft clay-subgrade: Behaviour under circular loading. Dought-India: PhD thesis, IIT guwahati.

PT Pandu Equator Prima

Jl. Sangata, Blok G-10/1, Jatiwaringin Asri, Pondok Gede – Bekasi 17411 Indonesia

Phone : (62-21) 84995477, 84999534, 84994765

Fax : (62-21) 8463504

Mobile : 0811-1116066

Email : office@pandu-equator.com

Silakan Isi Form Berikut Untuk Konsultasi Produk Geocell

8 + 10 =